Cara Menjual Rumah dengan Cepat, Siapkan Dulu Beberapa Hal Ini

Anda yang ingin menjual rumah tentu ingin prosesnya mudah dan berjalan cepat. 

Namun, sebelum sampai di tahap menjual, Anda harus tahu bahwa tahap persiapan juga menjadi salah satu bagian dari cara menjual rumah yang sangat berpengaruh.

Hal-hal kecil sekalipun, bisa berdampak pada harga properti yang Anda jual. Untuk itu persiapan matang harus dilakukan, jika Anda ingin mendapat hasil yang sesuai dengan harapan, bahkan mungkin saja melebihi yang Anda harapkan.

Mengingat keputusan untuk membeli rumah adalah sesuatu yang sangat besar, jadi Anda sebagai penjual harus bisa betul-betul meyakinkan calon pembeli.

cara menjual rumah
photo : google images

Persiapkan rumah

Jika kondisi rumah Anda perlu diperbaiki, maka ini masuk dalam tahap persiapan dan jadi salah satu cara menjual rumah yang perlu Anda perhatikan.

Perbaiki kerusakan seperti bagian yang retak, kebocoran atau jika ada yang berkarat. Hal kecil bisa sangat berpengaruh pada tampilan rumah dan tentunya juga pada harga jual. 

Utamakan perbaikan dapur ketimbang ruangan lainnya karena area ini adalah ruangan yang paling diperhatikan oleh kebanyakan calon pembeli.

Kalau perlu, Anda cat ulang dinding rumah dan jangan lupa untuk memilih warna yang pas, karena warna tertentu malah membuat calon pembeli bisa kehilangan minat. Pilihlah warna yang netral seperti krem, atau warna lembut. 
cara menjual rumah
photo: pixabay

Intinya posisikan diri Anda sebagai pembeli, dan cek apa saja yang kira-kira akan membuat calon pembeli ragu untuk membeli rumah Anda.

Selain itu, siapkan rumah dengan merapikan atau membersihkan, karena kesan baik ini perlu Anda tampilkan di awal saat ada calon pembeli yang ingin mengecek rumah.

Cara menjual rumah di tahap persiapan ini tidak hanya membahas bagian dalam tapi juga hingga bagian luar rumah. 

Sempatkan untuk mengelap jendela, memangkas rumput, membersihkan taman, kalau perlu tempatkan bunga yang bisa meningkatkan daya tarik depan rumah. 

Faktor pencahayaan juga perlu Anda perhatikan. 

Misalnya memasang lampu dengan tingkat penerangan yang cukup atau membuka penutup yang bisa menghalangi cahaya matahari untuk masuk ke dalam rumah. Karena pencahayaan bisa menimbulkan kesan ruangan yang lebih bersih.

Melakukan perbaikan fisik hingga benar-benar tuntas dan layak untuk ditempati seperti di atas, akan menjadi cara menjual rumah yang efektif, dan bisa saja meningkatkan harga jual.

Persiapkan faktor pendukung

Dalam hal ini pendukung yang dimaksud adalah dokumen terkait properti. 

Anda tentu tidak ingin harga properti yang dijual jadi turun karena ketidaklengkapan dokumen penting seperti Akta Jual Beli (AJB), Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan sebagainya.
cara menjual rumah
Photo : google images

Lalu Anda bisa juga memakai jasa agen properti, yang merupakan salah satu cara menjual rumah yang efektif. 

Jika Anda memutuskan untuk mengambil opsi ini, maka dalam tahap persiapan ini perlu dipertimbangkan untuk memilih agen properti yang profesional serta memiliki track record yang baik.

Sebaiknya cek langsung cara kerja mereka, termasuk cara bernegosiasi dengan calon pembeli. Dan tak ada salahnya juga Anda melakukan komparasi beberapa agen properti untuk mencari yang benar-benar cocok.

Kalau Anda melakukannya dengan cara mandiri, maka persiapan yang masuk dalam cara menjual rumah berikutnya adalah melakukan survei mengenai aturan yang berlaku untuk mengetahui hak dan kewajiban Anda sebagai penjual.

Survei juga bisa dilakukan saat ingin mengetahui harga pasaran, dimana salah satu pertimbangannya adalah lokasi. Cara paling mudah adalah Anda cukup membandingkan dengan daerah sekitar dan bentuk bangunan yang serupa.

Ini juga jadi bagian dari cara menjual rumah yang penting, karena Anda tentu tidak ingin penjual mundur duluan jika Anda mematok harga terlalu tinggi, atau sebaliknya, Anda merugi karena memasang harga terlalu murah.

Persiapkan iklan

Saat ini sudah banyak orang yang memilih media online sebagai salah satu cara menjual rumah. Maka Anda perlu menyiapkan iklan yang menarik, dan ini tentu memiliki trik khusus. 
cara menjual rumah
photo : google images

Dimulai dari pemilihan foto. 

Karena visual dalam hal ini sangat berpengaruh, dan jika Anda tidak ahli dalam hal ini, tak ada salahnya Anda meminta bantuan pada fotografer khusus untuk memotret rumah, agar bisa menangkap setiap sudut rumah dengan gaya menarik dan tentunya mewakili kondisi rumah.

Selain foto, deskripsi pun harus diperhatikan. 

Anda harus bisa memilih kata yang tepat untuk menggambarkan properti yang Anda jual, terutama dalam hal menonjolkan daya tarik rumah yang akan dijual.

Share:

0 komentar