3 Kelebihan Jual Rumah via Broker serta Kekurangannya

jual rumah via broker
photo : pixabay

Bagi Anda yang sedang menjual rumah, mungkin kini sudah banyak cara yang bisa dipilih untuk menjual rumah. 

Jika memilih untuk menjual sendiri, selain memasarkannya dari mulut ke mulut, memasang iklan di depan rumah, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi dengan memasarkan via online

Namun, kalau Anda ingin meminta bantuan jasa profesional yakni broker properti, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum mengambil langkah ini. 

Yang jelas, Anda perlu hati-hati karena hal ini menyangkut nilai uang yang tidak sedikit.

Agar tidak salah dalam mengambil keputusan, ini beberapa kelebihan jual rumah via broker properti yang perlu Anda ketahui:

1. Proses lebih ringkas

jual rumah via broker
photo : google images

Kalau Anda tidak ingin repot, jual rumah via broker properti menjadi pilihan yang tepat. 

Bisa dibilang ini jalan pintas untuk Anda yang tidak mau menawarkan rumah kesana kemari, ataupun harus repot meladeni pertanyaan-pertanyaan pembeli.

Karena inilah gunanya broker properti, dimana mereka akan melakukan semuanya. 

Seperti mengecek langsung properti, mengurus masalah legalitas, hingga menjawab pertanyaan dari calon pembeli dan bernegosiasi.

2. Harga jual lebih pantas

jual rumah via broker
photo : pixabay

Bicara negosiasi, biasanya broker sudah memiliki catatan dan kemampuan khusus dalam menaksir dan menentukan harga jual properti. 

Hal ini membuat harga yang ditawarkan kalau jual rumah via broker akan lebih masuk akal, baik bagi Anda sebagai penjual, maupun bagi calon pembeli.

Faktor ini tentunya juga akan meningkatkan daya tarik dari penawaran properti Anda.

3. Kemungkinan laku lebih cepat

jual rumah via broker
photo : pixabay

Ini disebabkan karena broker profesional sudah memiliki network dan relasi yang cukup banyak untuk dijadikan potential buyers

Ditambah lagi, mereka akan melakukan sejumlah cara untuk mempercepat penjualan, baik beriklan di media online maupun secara offline.

Jual rumah via broker memang sangat menarik jika kita mempertimbangkan poin-poin di atas.

Tapi, Anda juga mesti ingat bahwa tidak ada pilihan yang tanpa resiko, termasuk saat jual rumah via broker.

Hal yang perlu juga Anda pertimbangkan sebelum memilih langkah ini di antaranya adalah besaran komisi yang harus diberikan.

Biasanya komisi berkisar sekitar 2% - 3% dari harga jual properti, yang mana jumlah ini tentu tidak sedikit jika Anda kalkulasikan, yakni bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Pertimbangkan juga resiko penyalahgunaan surat-surat properti atau bahkan penggelapan uang. 

Karena itu, kalau Anda memillih jual rumah via broker, pastikan Anda memilih tenaga yang benar-benar profesional dan memiliki kredibilitas.


Share:

0 komentar